Nasi Goreng Teri Jawa ala Didi Qopee

Nasi Goreng Teri Jawa ala Didi Qopee

Aku tuh ngga seberapa suka masak sih ya, jadi tiap abis masak juga ngga akan di foto. Boong deng, biasanya di foto kalo hasilnya bagus. HAHA. Seringnya malah cuma nyimpenin resep-resep masakan sama jajan yang pengen dimakan tapi berakhir go food. Kelakuan! Eh, Tapi kalau lagi rajin ya bisa tuh nyobain resep-resep yang lagi hits. Ya itu ngga tahu juga kapan rajinnya wkwkwk. Btw, ini ada sebuah resep nasi goreng endul, resep dari papa aku gitu buat buka kafe. Boleh yuk ngintip nasi goreng ala Didi Qopee.

Asal Mula Masuknya Nasi Goreng

Nasi goreng (Pexels)

Siapa yang ngga pernah makan nasi goreng? Masakan cepat siap saji ini mudah dibikin siapa saja sebagai santapan darurat lapar, apalagi buat sarapan. Pasti menu andalan adalah nasi goreng. Malam pun kita juga bisa melihat penjual nasi goreng yang berderet di pinggir jalan. Sudah pasti lidah masyarakat Indonesia sudah akrab banget dengan menu satu ini. Mau di resto, kafe, warung lesehan , bahkan di pinggir jalan pun kita tidak susah menemukan menu ini. Sajian merakyat dengan harga murah meriah.

Tau ngga sih, ternyata menu yang dianggap makanan khas Indonesia ini berasal dari Tionghoa lho. Nasi goreng sudah ada sejak 4000 sebelum masehi. Masyarakat Cina memang sudah akrab dengan nasi, dan mereka sayang banget membuang nasi. Jadi biar ngga mubadzir mereka akan menggoreng sisa nasi mereka. Agar tetap enak, jadi ditambahin bumbu, sayur, dan ayam..taraa jadilah nasi goreng.

Kok bisa sampai ke Indonesia?

Nasi goreng masuk ke Indonesia pada abad ke-10, dikenalkan warga Tionghoa yang bersinggah di wilayah kerajaan Sriwijaya. Mulailah nasi goreng diperkenalkan oleh orang Tionghoa pada warga di sana. Karena mudah banget memasaknya dengan bumbu sederhana, maka masakan ini jadi populer deh sampai sekarang.

Dilansir dari minews.id, Cerita soal nasi goreng yang diperkenalkan oleh orang Tionghoa itu pernah dibantah Hillary Keatinge dan Anneke Peters dalam buku The Flavour of Holland (1995). Dua penulis ini yakin kalau nasi goreng itu emang berasal dari Indonesia. Nasi goreng ini unik karena bisa disantap dalam segala waktu, pagi, siang, malam bahkan tengah malam ye kan. Masaknya juga gampang dan praktis, bisa jadi pilihan untuk darurat lapar.

Nasi Goreng Chinese dan Jawa

Ada dua jenis nasi goreng yang sering mampir ke lidah kita, sesuai selera juga sih pilihannya. Nasi goreng chinese dan nasi goreng jawa. Keduanya jelas sekali menggunakan bumbu yang khas dan berbeda. Nasi goreng chinese tentu saja memadukan bumbu saus-saus, seperti saum tiram, kecap ikan, kecap asin, arak masak, dan minya wijen sebagai khas yang bikin wangi. Kalo nasi goreng jawa sih udah pasti disesuaikan dengan lidah masyarakat di sini tentunya, pun dengan paduan bumbunya. Menggunakan terasi, ebi, dan kemiri yang menimbulkan bau khas terus bikin perut keroncongan deh. Yaudah simak aja resep nasi goreng ala Didi Qopee.

Resep Nasi Goreng Teri Jawa ala Didi Qopee

Nasi Goreng Teri Jawa ala Didi Qopee

Apa resep mula nasi goreng itu bisa enak? Rahasianya adalah nasinya. Kalau di hotel tuh, mereka punya jenis nasi putih khusus. Mereka menyiapkan nasi putih matang khusus untuk nasi goreng. Yaitu nasi putih yang bertekstur pera. Jadi nasi tuh kalau digoreng ngga akan lembek dan nempel-nempel. Ngga enak kan makan nasi goreng yang lembek? Pokoknya nasi yang enak ya yang ngga lembek.

Oke deh gini nih resep praktis ala Didi Qopee.

Bahan-bahan:

Nasi

Bawang merah 4 siung

Bawang putih 2 siung

Cabe merah 2 buah

Kemiri 1 biji

Terasi secukupnya

Minyak

Teri 1 sdm

Telur mata sapi

Kerupuk

Sla, tomat, timun

Bawang goreng

Gula Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat:

1. Bawang merah dan bawang putih diuleg, kemudian ditumis setengah matang sampai berubah warna.

2. Cabai merah dan kemiri diuleg, kemudian dimasukkan ke dalam bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis tadi.

3. Kemudian saat sudah matang (cirinya minyak mulai naik ke atas), kemudian masukkan terasi secukupnya.

4. Tunggu sampai matang terus masukkan nasi yang telah disiapkan tambahkan gula garam dan penyedap rasa secukupnya.

5. Nasi goreng siap disajikan dengan toping teri dan telur. Toppingnya boleh dihiasi juga dengan sla, tomat, dan timun. Jangan lupa taburkan bawang goreng di atasnya.

Gimana, mantap bukan? Yuk silakan mencoba, yummmyyyy! Ngga mau repot, go food aja deh di Didi Qopee hehehe.

Malang, 5 Maret 2021

lintanggg

Lintang Gumilang adalah seorang ibu pembelajar yang jatuh cinta pada literasi dan gila membaca. Penulis kelahiran asli kota Malang ini memang hobi menulis lewat diary, sampai akhirnya punya platform blog sendiri yang berisi uneg-uneg recehnya selama hampir 10 tahun. Saat ini sangat bersyukur bisa menulis dan menerbitkan 14 antologi dengan harapan agar tulisannya bisa bermanfaat bagi semua pembacanya.

Comment on “Nasi Goreng Teri Jawa ala Didi Qopee”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *