Favicon Irisan Senja

Tentang Irisan Senja

Selamat datang di Cerita Kala Senja..

Senja adalah keseimbangan, tak salah lagi aku selalu mengagumi senandung senja. Kala senja cukup lapang untuk menampung gelap dan terang, juga suka dan duka secara bersamaan. Setiap irisan senja selalu membawaku pada sebuah kerinduan…

Tentang Penulis Irisan Senja

Halooo.. boleh deh kenalan tipis-tipis, siapa sih penulis di balik irisan senja.

Lintang Gumilang adalah seorang ibu pembelajar yang jatuh cinta pada literasi dan gila membaca. Penulis kelahiran asli kota Malang ini memang hobi menulis lewat diary, sampai akhirnya punya platform blog sendiri yang berisi uneg-uneg recehnya selama hampir 10 tahun. Saat ini sangat bersyukur bisa menulis dan menerbitkan lebih dari 15 antologi dengan harapan agar tulisannya bisa bermanfaat bagi semua pembacanya.

Salah satu mimpinya adalah backpacking dan ngetrail berdua saja bareng suami, sambil menikmati senja. Tentu saja sembari menunggu ketiga buah hatinya bisa mandiri. Hobinya saat ini adalah bikin mie goreng telur ceplok dan susu panas di tengah malam sambil ngobrol ngalor-ngidul bareng suami.

Lifestyle blog Rumah Senja adalah petak bahagia Lintang Gumilang yang berisi semesta uneg-unegnya.

Cerita di Balik Irisan Senja

Jadi dulu sempet ada sebuah mini project dengan teman-teman. Saya mengajak tiga teman dekat yang satu visi dan rajin menulis untuk membuat sebuah mini project. Saya mengusulkan sebuah proyek tentang “Membudayakan Gerakan Literasi” dan mereka sangat antusias dengan ide ini. Kami berempat dengan nama pena Senja (saya), Sore, Jingga, dan Mentari mulai membuka pintu literasi. Kemudian lahirlah Antologimasa.

Dulu saya menulis melalui worpress yang masih gratis. Banyak juga kenangan yang sudah dituliskan di sana. Selain itu juga ada wordpress antologimasa yang ditulis bersama-sama. Kami membuat banyak konten lewat instagram dan wordpress untuk membudayakan literasi. Sangat menyenangkan bekerja sama dengan teman satu misi, dan bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Favicon Irisan Senja

Favicon Irisan Senja

Warna merah jambu memang menurut saya sangat kalem dan penuh kelembutan. Ngga terlalu mengebu-gebu, dan adem..eyyaaa. Desain ini simpel sih menurut saya, ngga terlalu rame dengan banyak tulisan dan warna.

Ada Apa Saja di Rumah Senja?

Rumah Senja masih berisi tulisan yang nano-nano dan random sih. Belum bisa menentukan niche yang spesifik karena saya masih menulis lifestyle yang lebih luas dan umum. Boleh ngintip deh ada kategori apa saja di sini:

Pengasuhan

Apalah saya emak dengan 3 anak yang menggemaskan. Bagaimana tidak, ada 2 jagoan dengan jarak berdekatan dan seorang gadis manis yang baru lulus ASI. Mereka membuat tiap hari saya berwarna, dengan segala tingkah yang selalu membuat saya tiba-tiba tersenyum, tyertawa, bahkan bisa mengomel bersamaan.

Kategori ini sedikit banyak membahas keseharian bersama anak-anak, bisa juga tips pengasuhan, ada juga bermain bersama, dan keseruan lainnya seputar pengasuhan.

Kontemplasi

Kontemplasi di sini lebih ke random opinion, self talk, note to my self, jadi semua pemikiran, imajinasi, apa aja tentang pikiran saya, nyampah-nyampah saya, opini, dan kegalauan receh mampir di kategori ini. Hehehe.

Kadang ada beberapa sudut pandang berbeda antara satu orang dengan yang lain. Ngga masalah juga kan kalau kita mengungkapkan isi kepala kita walaupun beda pendapat. Kadang banyak sudut pandang yang berbeda malah membuka wawasan lho, ya kan?

Ulasan

Ulasan atau review ini bisa bermacam-macam dan malah luas lagi jangkauannya. Ada ulasan tentang buku, film, kuliner, hotel saat staycation, tempat main dan banyak lagi.

Apa aja yang pengen di review pasti saya review secara jujur, sesuai yang saya rasakan. Bagaimana perasaan saya setelah beriteraksi dengan hal tersebut. Haha.

Jalan-jalan

Sejak pandemi ini list plesir jadi mandek total. Hanya ngetrip tipis-tipis tapi yah jarang banget kayanya. Ngga seperti sebelumnya yang sering ‘jalan-jalan’ besar setiap tahun.

Tapi ada tempat-tempat keren yang sayang dilewatkan dan dituliskan. Jadi setiap main ke mana aja, setidaknya saya mencoba membungkus memorinya dengan menuliskannya. Karena setiap tempat pasti memiliki cerita.

Kuliner

Masalah kuliner, jajan, ngemil dan yang semacam itu kan kesukaan para cewek yah. Ngacung deh siapa yang ngga suka njajan? Ngga adaaaa. Tagline Diet Mulai Besok bukan rahasia umum lagi yang hanya sekadar jargon.

Yuk, intip kulineran yang enduuullll di kategori ini 🙂

Gaya Hidup

Gaya hidup sudah menjadi tren di kalangan milenial. Apalagi masa pandemi gini, banyak gaya hidup yang bergeser. Saya menuliskan beberapa tema tentang gaya hidup di kategori ini.

Jejak Karya

Ada beberapa antologi yang sudah saya tuliskan mulai tahun 2014.

  • Senandung Senja dari Ibu untuk Bapak – Love Never Fails (nulisbuku.com, 2014)
  • Lima Belas Fragmen Kenangan – Jodoh! Kala Dua Hati BErtemu di Belanga (Stiletto, 2018)
  • Perjuangan Melahirkan Pejuang – Titik Terendah (CV Motivaksi Inspira, 2018)
  • Pinjami Aku Hatimu – Kado Cinta untuk Ibunda (2018)
  • Mematikan Riba – Hijrah Journey (Najmu Books Publishing, IIDN, 2019)
  • Bekerja Dengan Empat Kepala – 90 Days: Mission Mom Possible (Wonderland Publisher, 2019)
  • Lihatlah Bulan yang Sama – Sekotak Rasa Palu Donggala (Raditeens, 2019)
  • Jatuh Bangun Ngeblog dari Masa ke Masa – Ngeblog Seru ala Ibu-ibu (Najmu Books Publishing, 2019)
  • Menyesali Kematian – Jika Saja Waktuku Dapat Diulang Lima Tahun Lalu (Inspo Creative, 2019)
  • Menggerakkan Budaya Literasi – Catatan Hati Bunda (Proaktif Media, 2020)
  • From Blazer to Daster – Belajar Jadi Istri yang Sesungguhnya (CV Motivaksi Inspira, 2019)
  • Bukan Ibu Biasa – Mamaku Bukan Monster (Pejuang Literasi, 2019)
  • Sepenggal Kisah Gentle Birth Balance – Siapa Bilang Kabar Hamil Bikin Senang (Jejak Publisher, 2020)
  • Pemenang Hati Ibu Selamanya – Sulungku Semesta Pertamaku (AE Publishing, 2020)
  • Senandung Senja untuk Adinda – Lalasa Antologi Merajut Cinta (Laduny Alifatama, 2020)
  • Menulis Cerita Anak – Mahir Menulis Apapun (Lentera Aksi Humanika, 2021)
  • Apakah Allah Tidur dan Meninggal? – Dialog Iman (Maskana Media, 2021)
  • Ibu Kalau Marah Jadi Monster – Antologi Ikhlas (on going)
  • Catatan Manis Melahirkan Genduk – Antologi Pejuang VBAC (on going)
  • Menembus Batas Ketakutan Diri – Kisah Dua Kota: Catatan Perjalanan Bunda Produktif (on going)

Menyapa Lebih Dekat

Sila yang mau berkenalan dan menyapa lebih dekat, boleh mampir

Instagram: @chibiyuzzu

Facebook: Lintang Gumilang

Twitter: @chibiyuzzu

email: lintang.gumilang23@gmail.com

Terima kasih telah berkunjung ke Rumah Senja, semoga ada hal bermanfaat yang bisa diambil yaa..:)