Penyebab Rambut Rontok Pada Busui dan Cara Mengatasinya

Freepik

Aku kira rambut rontok atau berketombe saat menyusui itu ngga berhubungan loh. Eh ternyata bener dong, karena faktor hormon. Eh tau kan, kadang emak tuh ribet aja masalah domestik yang ngga kelar-kelar. Kaya yang ngga ada habisnya, terus emang sempet gitu perawatan diri? Haruuuussss. Ini sesuatu yang wajib banget, karena kulit kita juga berhak dirawat dengan baik.

Apa permasalahan rambut yang banyak dialami wanita berhijab?

8 dari 10 jawabannya adalah rambut lembab dan lepek, rambut rontok, rambut gatal dan ketombe.

Baca Juga : 6 Manfaat Workout di Rumah untuk Wanita

Itu kayanya masalahku semua deh, mulai dari rambut rontok, berketombe, kadang lepek. Alamaakk.

Saat hamil, banyak hormon yang meningkat seperti estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Inilah yang membuat rambut terlihat indah, kulit terlihat berkilau dan perasaan cenderung lebih bahagia. 

Setelah melahirkan, hormon estrogen dan progesteron turun secara drastis. Inilah alasan utama kenapa rambut bisa rontok saat setelah melahirkan atau saat menyusui. Dalam dunia medis, rambut rontok saat menyusui sering disebut sebagai pospartum hair loss alias rambut rontok pascamelahirkan. Artinya, menyusui atau tidak, setiap ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami kerontokan rambut yang signifikan.

Gimana Cara Mengatasinya?

1. Makanan Bergizi

Freepik

Saat tubuh dipenuhi kebutuhan nutrisinya, maka kesehatan pun akan terjaga, termasuk kesehatan rambut. Kalian bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging, ayam, atau ikan. 

Makanan yang digadang-gadang dapat meningkatkan kesehatan rambut adalah sayuran berdaun hijau (karena kaya akan zat besi dan vitamin C), ubi dan wortel (beta karoten), telur (vitamin D), dan ikan ( omega 3 dan magnesium).

2. Cuci Rambut dengan Berkala

Gunakan sampo khusus rambut rontok, untuk mengatasinya. Eh tapi kadang cocok-cocokkan juga nih, ada juga yang masih aja rontok. Gunakan sampo yang berfungsi sebagai penambah volume rambut agar tebal. Carilah sampo yang memiliki bahan yang bisa membuat rambut terlihat penuh. Rajin keramas juga baik tapi ngga boleh setiap hari. Oh ya kalo pake conditioner ngga boleh kena kulit kepala. Begicu..

3. Ubah Gaya Rambut

Freepik

Biasanya kalo rambut rontok sih aku lebih nyaman rambut pendek ya. Tapi ini lagi males potong rambut juga.

Baca Juga : 3 Olahraga Ibu Hamil Ringan yang Ringan dan Aman Membantu Persalinan

Coba ubah gaya rambut dengan potongan yang membantu volume rambut terlihat lebih berisi. Salah satunya rambut pendek, selain volume rambut terlihat lebih tebal, rambut pendek juga mudah diatur.

Apalagi mengikat pake ikat rambut yang terlalu kenceng, ini juga ngaruh bikin rontok. Terus abis keramas ngga boleh langsung disisir. Dan lagi nyisirnya ngga boleh langsung dari atas. Ambil dari tengah. Eh iya, abis keramas jangan langsung bobo atau langsung pake hijab yahhh.

Baeklah. Itu dulu ya tipsnya, ntar kalo ada sesama busui yang mau nambahi, hayuk monggooo..:)

Malang 13 Januari 2020

lintanggg

Lintang Gumilang adalah seorang ibu pembelajar yang jatuh cinta pada literasi dan gila membaca. Penulis kelahiran asli kota Malang ini memang hobi menulis lewat diary, sampai akhirnya punya platform blog sendiri yang berisi uneg-uneg recehnya selama hampir 10 tahun. Saat ini sangat bersyukur bisa menulis dan menerbitkan 14 antologi dengan harapan agar tulisannya bisa bermanfaat bagi semua pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *