Bolehkah Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan Manis?

Siapa yang anaknya udah pada karies gigi?

sumber

Anakku juga nih. Ah sedihnya, iya bener meskipun masih gigi susu. Dan semua pada bilang kalo ntar juga copot dan ganti. Hmm..

Jadi apa sih karies gigi?

Karies gigi merupakan penyakit mulut paling umum dan kronis, terutama pada anak-anak. Karies gigi sendiri disebabkan oleh endapan plak gigi pada permukaan gigi. Jumlah karies gigi pada anak terjadi peningkatan karena asupan zat gula yang tidak terkontrol, pratek perawatan mulut yang buruk dan pemanfaatan layanan kesehatan yang tidak memadai.

Faktanya karies gigi pada anak dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, gangguan makan, kehilangan gigi dan keterlambatan bicara. Selain itu, juga dapat mempengaruhi konsentrasi anak di sekolah dan biaya perawatan gigi dapat menjadi beban keuangan tertentu bagi keluarga.

Pengetahuan anak tentang penggunaan sikat gigi, waktu menyikat gigi, konsumsi zat gula yang tidak terkontrol, tidak terlepas dari perhatian orang tua dalam memberikan contoh tentang cara pencegahan karies gigi. Ngomong-ngomong tentang gula dan makanan manis, sebenernya boleh ngga sih langsung menyikat gigi setelah makan makanan yang manis?

Nyatanya langsung menyikat gigi setelah makan yang manis-manis bukan solusi tepat menjaga kesehatan gigi anak.

Logikanya bila langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung zat pemanis, secara tidak langsung akan meratakan zat pemanis itu ke seluruh gigi sehingga mungkin ada yang mengenai gusi. Nah, zat di dalam pemanis itu bisa saja mengandung zat yang dapat merusak atau membuat iritasi gigi dan gusi.

dr. Dito Anurogo

Menurut dr. Dito, cara yang lebih tepat adalah menghilangkan rasa manis tersebut dengan berkumur-kumur terlebih dulu dengan air hangat, kemudian menggosok gigi. Jika makanan manis itu agak lengket atau sampai mewarnai gigi, makanlah buah yang netral, seperti apel, pir, bengkuang, pepaya untuk menghilangkan “sesuatu” yang menempel di gigi. Intinya bersihkan atau netralkan gigi dulu dari makanan manis sebelum menyikat gigi.

Baca Juga: 3 Olahraga Ibu Hamil Ringan yang Ringan dan Aman Membantu Persalinan

sumber

Jadi, jangan lupa menggosok gigi ya kiddoooss..

lintanggg

Lintang Gumilang adalah seorang ibu pembelajar yang jatuh cinta pada literasi dan gila membaca. Penulis kelahiran asli kota Malang ini memang hobi menulis lewat diary, sampai akhirnya punya platform blog sendiri yang berisi uneg-uneg recehnya selama hampir 10 tahun. Saat ini sangat bersyukur bisa menulis dan menerbitkan 14 antologi dengan harapan agar tulisannya bisa bermanfaat bagi semua pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *