Tips Liburan Hemat

6 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Sudah awal tahun lagi nih gaes, gimana nih apakah sahabat senja sudah punya acara liburan bareng keluarga? Acara liburan bareng keluarga emang menjadi hal yang ditunggu dan menyenangkan banget tentunya. Ehh tapi liburan bareng keluarga juga emakan biaya yang ngga sedikit. Apalagi kaya aku yang keluarga besar gini. Jadi sejumlah faktor seperti harga tiket pesawat, hotel, akomodasi, makanan, dan beberapa biaya lainnya harus dipikirkan juga. Yuk ah, simak tips liburan hemat bersama keluarga.

Baca Juga : Menginap Sambil Lihat Satwa di Baobab Safari Resort

Rencanakan Liburan Jauh Jauh Hari

Freepik

Sahabat senja harus mempunyai budget tabungan liburan kalo emang suka traveling. Nah berapa nominal tabungan, bisa menyesuaikan dan tergantung destinasi wisata serta gaya traveling masing-masing keluarga.

Budget bisa dibagi menjadi biaya akomodasi, biaya transportasi, biaya makan, biaya masuk tempat hiburan, dan biaya tak terduga. Setelah itu bisa berburu tiket deh!

Cari Tiket Promo

Freepik

Ada banyak cara mendapatkan tiket promo, misalnya beli saat travel fair, anniversary sale, advance sale, early bird, promo musim panas atau promo musim dingin. Rajin nengokin traveloka dan semacamnya, ikut grup di facebook informasi tiket murah, banyak deh. Sahabat senja bisa juga berlangganan newsletter dari beberapa maskapai biar tahu kapan ada sale.

Cari Akomodasi Harga Miring

Akomodasi yang tepat bisa membuat perjalanan lebih menyenangkan. Penginapan selama liburan itu seperti rumah kedua, jadi carilah yang sesuai dengan style keluarga, ramah anak, dan nyaman. Menginaplah di budget hotel, serviced apartment, atau guest house. Pastikan gust house bisa menerima tamu anak-anak, karen ada beberapa guset house yang menerapkan batasan usia.

Selain itu pilihlah akomodasi di pusat kota, dekat dengan tempat wisata, dekat dengan transportasi. Jadi selain menghemat waktu perjalanan, juga akan menghemat tenaga untuk mobilisasi sehari-hari.

Cobalah Makanan Lokal

Jangan mencari makanan Indonesia kalau sedang traveling di luar negeri kecuali di Singapura atau Malaysia. Makanan Indonesia termasuk mahal di luar negeri. Atau kalau dalam negeri, cobalah masakan khas lokal daerah tersebut. Pasti akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

Kalau misalnya anak-anak tidak cocok dengan masakan lokal, misalnya karena terlalu pedas, sahabat senja bisa mengajak ke restoran fast food aja :p

Baca Juga : Beribadah di Masjid Ar-Rahman Blitar seperti di Masjid Nabawi Madinah

Ajari Anak traveling bukan Smart Shopping

Freepik

Kita bisa mengajari anak agar tidak konsumtif selama berlibur, kita bisa membatasi apa yang akan kita beli selama traveling. Oh ya traveling itu bukan shopping. Karena banyak sekali ilmu yang akan kita dapatkan dari traveling, bukan hanya pindah ngemall dari satu mall ke yang lainnya. Rugi kalau cuma ngemall mah.

Naik Transportasi Lokal atau Jalan Kaki

Freepik

Mengajak anak-anak dan mengenalkan mereka dengan transportasi lokal atau jalan kaki bukan hanya menghemat biaya lho. Mereka juga akan belajar menikmati suasana yang sedang mereka datangi, berkenalan dengan masyarakat sekitar, belajar berinteraksi dengan penduduk setempat. Coba saja biarkan mereka membeli tiket sendiri, mengatre sebelum masuk kereta, ini akan mengajari mereka mandiri dan disiplin. Bakal kaya pengalaman banget nantinya.

Bagaimana, seru kan? Wah rasanya sudah ngga sabar nih merencanakan liburan bersama keluarga. Semoga tips liburan hemat bersama keluarga ini bermanfaat yah…

Malang, 10 Januari 2021

lintanggg

Lintang Gumilang adalah seorang ibu pembelajar yang jatuh cinta pada literasi dan gila membaca. Penulis kelahiran asli kota Malang ini memang hobi menulis lewat diary, sampai akhirnya punya platform blog sendiri yang berisi uneg-uneg recehnya selama hampir 10 tahun. Saat ini sangat bersyukur bisa menulis dan menerbitkan 14 antologi dengan harapan agar tulisannya bisa bermanfaat bagi semua pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *