Belajar, Bertumbuh dan Berilmu Bersama ODOP Blogger Squad

Belajar, Bertumbuh dan Berilmu Bersama ODOP Blogger Squad

Belajar, Bertumbuh dan Berilmu Bersama ODOP Blogger Squad

Sedikit flashback alasan ikut ODOP dulu yah, Tujuan bergabung di komunitas ini apa sih? Sebenernya lebih untuk menambah jam terbang konsistensi menulis. Makanya bergabung di komunitas ODOP, selain mengasah jam terbang juga mau mengasah skill, eya eyaa.. Sebenernya bukan untuk mengejar kelulusannya tapi juga harus dapet ilmunya. Jadi emang niatnya maju bersama ODOP Blogger Squad.

Bersama teman-teman hebat di sini rasanya aku ini miskin ilmu dan pengalaman. So, dengan menulis dan belajar bareng bisa jadi bahan bakarku buat terus maju. Di sinilah kami bisa bahagia bersama, di komunitas ODOP ini. Dan aku memilih belajar, bertumbuh, dan berilmu bersama ODOP Blogger squad.

Baca Juga: 4 Blog Favorit untuk Blogwalking

Belajar Bersama Squad Blogger

Sebenernya ada banyak cabang belajar setelah lulus dari ODOP ini. Aku lebih tertarik ke blog. Why oh why, karena sebenarnya aku tuh udah ngeblog hampir 10 tahun, tapi hanya sekadar nulis ajah. Ngga tau ilmunya, pokoknya asal nulis dan hati senang. Bener sih kalo niatnya emang pengen berbagi buat orang banyak, biar tulisannya bermanfaat. Tapi kalo ngga tepat sasaran juga ngga akan ada yang datang berkunjung kan?

Nah serunya di sini, kami belajar dari yang awal banget. Sama-sama newbie cupuers gitu. Sama-sama niat belajar itu tinggi banget. Dari yang awalnya blognya masih gratisan sampai yang udah TLD. Keren dong yaa. Pelan-pelan dimentoring dengan coach kece sundul langit yang sabar dan telaten. Sukaaa!

Baca Juga: 3 Quote Favorit yang Menginspirasi

Bertumbuh Bersama Squad Blogger

Ya karena kami sama-sama berangkat dari enol, maka kami akan bertumbuh bersama. Ada beberapa materi yang sudag disampaikan oleh para suhu. Ada teman-teman yang bertanya, yang membuat kita jadi belajar juga dari pertanyaan tersebut. Ada tugas yang wajib dikumpulkan dan pengayaan. Bikin kami lebih semangat mendalami teknik dasar bloging.

Rajin Blogwalking

Pexel

Karena berkumpul di inner circle yang sama, maka mau ngga mau kita saling mngintip blog tetangga sebelah. Blogwalking adalah salah satu cara mempeluas networking juga. Saling mampir dan meninggalkan jejak komentar, merupakan salah satu cara saling memberi apresiasi. Kita juga bisa membangun diskusi dan mendapat ide baru. Kaya wawasan dan insight baru pokoknya.

Menguatkan Motivasi Ngeblog

Kadang bete juga lho ngeblog sendirian. Mendadak males dan susah membangun konsistensi. Nah pas ikut ODOP dan memilih Blogger Squad ini kok jadi semakin tertantang. Di satu sisi menambah ilmu setiap pekan disisi lain harus mengerjakan tugas bareng ama temen-temen. Mau ngga mau jadi terus termotivasi untuk maju dan berkembang. Pokoknya bikin tambah semangat aja.

Yah pokoknya jangan sampe kehabisan bahan bakar untuk terus maju dan semangat bertumbuh. Semangat berkembang. Kuncinya adalah konsistensi. Motivasi ke diri sendiri dulu, ini semua juga akan balik ke kita masing-masing. Kesuksesan tidak dibangun dalam sehari dua hari, semua butuh proses yang panjang dan tidak instan. Dan belajar pada ahlinya adalah kunci, konsistensi terus belajar juga adalah kunci. Tetap semangat, see you on top ODOP Blogger Squad.

Malang, 8 Maret 2021

lintanggg

Lintang Gumilang adalah seorang ibu pembelajar yang jatuh cinta pada literasi dan gila membaca. Penulis kelahiran asli kota Malang ini memang hobi menulis lewat diary, sampai akhirnya punya platform blog sendiri yang berisi uneg-uneg recehnya selama hampir 10 tahun. Saat ini sangat bersyukur bisa menulis dan menerbitkan 14 antologi dengan harapan agar tulisannya bisa bermanfaat bagi semua pembacanya.

2 opinions on “Belajar, Bertumbuh dan Berilmu Bersama ODOP Blogger Squad”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *